Headlines News :
Home » , , » KPA AGAM LATIH 40 CO TUK REBUT PASAR PERTANIAN ALAMI

KPA AGAM LATIH 40 CO TUK REBUT PASAR PERTANIAN ALAMI

Written By Unknown on Sabtu, 30 Agustus 2014 | Sabtu, Agustus 30, 2014

Sabtu, 30 Agustus 2014 - 4 Dzulqa'dah 1435 H
Reporter: Fitra Yadi

Camat Canduang bersama KPA
Canduang - CMC. Untuk meningkatkan kapasistas anggotanya dalam mendampingi masyarakat, KPA (Komunitas Petani Alami) kabupaten Agam gelar pelatihan CO (Community Organizer) yang didampingi LSM Bina Desa Jakarta selama 3 hari di sekretariat KPA Pakan Kamih, jorong Batu Balantai nagari Canduang Koto Laweh dari Sabtu sampai Selasa, 30 Agustus – 2 September 2014.

Ketika acara pembukaan pagi Sabtu (30/08) hadir Camat Canduang Indra, S.Sos, M.Ap Dt. Baradai, Kepala UPT BP4K2P kecamatan Canduang Imrefli, SP, Kepala Laboratorium Hama dan Penyakit Bukittinggi Efiarnis, SP. Para petani Pakar, petani alami dari 14 nagari di kabupaten Agam yang difasilitasi oleh Armin Salasa dan Nining Erlina Fitri dari LSM Bina Desa Jakarta.

Ketua KPA Endrie Sonny, SP menerangkan bahwa “komunitas ini didirikan oleh beberapa orang petani yang telah melaksanakan pola pertanian alami (baca: organik) pada 9 Juni 2014 yang lalu di sekretariat Kelompok Tani Lurah Sepakat, nagari Simarasok, Baso. Anggota KPA ini baru melingkupi 7 kecamatan seperti Canduang, Baso, IV Angkek, Kamang Magek, IV Koto, Sungai Pua, Palupuah yang tersebar pada 14 nagari di kabupaten Agam dengan melibatkan 280 Kepala Keluarga”.

“KPA sekarang sudah memiliki akta notaries dan juga sudah terdaftar di Kesbangpol kabupaten Agam. Program ini hanya terdapat pada 2 kabupaten di Indonesia, yaitu di Agam Sumatera Barat dan di Bulukumba Sulawesi Selatan yang didanai oleh LSM ASIADHRA yang berkedudukan di Philipina dan didampingi oleh LSM Binadesa Jakarta" kata Endrie Sonny.

"Sasaran akhir kita adalan mengumpulkan hasil pertanian alami dan memasarkannya" tukuk Endrie Sonny yang lebih akrab dipanggil Boy ini. | CMC
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Hutri | CMC
Copyright © 2011. CMC - All Rights Reserved
Template Created by Hutri Published by CMC
Proudly powered by CMC