Headlines News :
Home » , » MTSN IV Angkat Canduang Wakili Agam 3 Perlombaan Tingkat Propinsi

MTSN IV Angkat Canduang Wakili Agam 3 Perlombaan Tingkat Propinsi

Written By Unknown on Senin, 25 Februari 2013 | Senin, Februari 25, 2013

Senin, 25 Februari 2013 M / 14 Rabiul Akhir 1434 H 

MTsN IV Angkat Canduang
Batu Balantai - MTsN IV Angkat Canduang wakili kabupaten Agam pada 3 perlombaan tingkat propinsi Sumatera Barat. Yaitu perlombaan: 1. PIK (Pusat Informasi Konseling) Remaja. 2. Adiwiyata (Sekolah Berwawasan Lingkungan) dan 3. Sekolah Sehat.

Hal itu dibenarkan oleh Hj. Yesi Makhmi, S.Pd Kepala MTsN tersebut ketika ditemui CMC di ruangannya Senin (25/02).

Lebih Lanjut Yesi Makhmi menjelaskan bahwa pada tahun ini MTsN IV Angkek Canduang terpilih mewakili kabupaten Agam untuk mengikuti perlombaan tingkat propinsi Sumatera Barat yang diadakan oleh 3 kementrian. Perlombaan PIK, diadakan oleh kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana. Perlombaan Adiwiyata digelar oleh Kementrian Lingkungan Hidup. Sedangkan perlombaan Sekolah Sehat, dilaksanakan oleh Kementrian Kesehatan.

Pada pertengahan Maret mendatang tim juri dari Padang akan datang menilai sekolah ini yang dimulai dengan program PIK dan kemudian Adiwiyata. Sedangkan program Sekolah Sehat akan dinilai pada bulan Oktober, kata Yesi.

Reni Komala, S.PdI., guru Bimbingan Konseling di sekolah yang beragreditasi B ini menerangkan bahwa PIK-Remaja "AFRO ANSONS" ini adalah salahsatu bidang ekstrakurikuler dalam usaha kesehatan sekolah (UKS) disamping KRR (Kader Kesehatan Remaja) dan PMR (Palang Merah Remaja) Pembentukan PIK-Remaja diawali dengan sosialisasi dua orang siswa oleh BKKBN Propinsi Sumatera Barat di Lubuk Basung pada bulan Oktober 2011 lalu. Sejak itu, kegiatan pengukuhan telah dilakukan secara rutin, namun PIK-Remaja "AFRO ANSONS" baru terlaksana  di kecamatan Canduang pada bulan ini.

PIK-Remaja ini terbagi kepada 3 tingkatan. 1. Tingkatan pertama adalah "Tumbuh". Untuk tinkgat tumbuh ini, kapubaten Agam diwakili oleh MTsN IV Anggkek Canduang. 2. Tingkatan kedua adalah "Tegak". Untuk tingkatan Tegak, kabupaten Agam diwakili oleh SMAN 02 Gaduik, Tilatang Kamang. 3. Tingkatan ketiga adalah "Tegar". Untuk tingkatan Tegar ini Kabupaten Agam diwakili oleh SMAN 01 Canduang, kata Reni.


Rida Albi, WK. Kurikulum MTsN IV Angkek Canduang menerangkan bahwa di sekolah itu telah dilaksanakan kurikulum berbasis lingkungan. Dimana tenaga pendidik memiliki kompetensi dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran lingkungan hidup. Bentuk implementasinya adalah: 1. Menerapkan pendekatan strategi, metode dan teknik pembelajaran yang melibatkan peserta didik secara aktif dalam pembelajaran (pakem/belajar aktif/ partisipatif). 2. Mengembangkan isu lokal dan isu global sebagai materi pembelajaran LH Sesuai dengan jenjang pendidikan. 3. Mengembangkan indikator dan instrumen  penilaian pembelajaran LH.
Kalau nanti kami terpilih mewakili Sumatera Barat ke tingkat Nasional, maka kami berharap dalam rangka hari peringatan hutan sedunia tanggal 20 Maret, bapak Bupati Agam bersedia menghadiri acara kami disini, yaitu penanaman pohon, tukuk Rida. (Fitrayadi-Cmc)
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Hutri | CMC
Copyright © 2011. CMC - All Rights Reserved
Template Created by Hutri Published by CMC
Proudly powered by CMC