Headlines News :
Home » , » TABIANG JABUAH - MTQ MENCARI PAHALA BUKAN PIALA

TABIANG JABUAH - MTQ MENCARI PAHALA BUKAN PIALA

Written By Unknown on Minggu, 04 Agustus 2013 | Minggu, Agustus 04, 2013

Ahad, 04 Agustus 2013 M -  26 Ramadhan 1434 H

Labuang-CMC-Disini kita mencari hidayah bukan hadiah, mencari pahala bukan Piala kata ustazd Supardi juri Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) yang digelar oleh pengurus mushalla Nurul Haq Tabiang Jabuah Umpuak Kampuang Sabaleh jorong Labuang, nagari Canduang Koto Laweh pada malam petang Sabtu (03/08) yang lalu.

MTQ kali ini khusus untuk tingkat anak-anak, dimana usia maksimal adalah 13 tahun. Peserta yang mendaftar adalah sebanyak 34 orang utusan dari masjid dan mushalla se-kecamatan Canduang kata ustazd Nofrizal,S.PdI Kari Bagindo kepada CMC di lokasi acara.
  
Nofrizal yang juga menjabat sebagai wakil ketua pengurus mushalla ini menerangkan bahwa dalam rangka menyemarakkan Ramadhan dan memperingati Nuzul Qur'an, pengurus mushalla bersama Ikatan Pemuda-Pemudi Jorong Labuang (IPPJL) angkat lagi acara MTQ ke sekian kalinya. Rangkaian acara dimulai dengan buka bersama, kemudian MTQ dan ditutup dengan Sahur bersama. Sponsor utama acara ini adalah donatur dari rantau dan sumbangan beras masyarakat sekitar.

Nofrizal, alumni Pondok Pesantren MTI Canduang ini menambahkan bahwa tujuan diangkatnya acara MTQ tingkat anak-anak adalah untuk  1. Melatih mental anak-anak sejak dini tanpil ke depan. 2. Memotifasi mereka supaya rajin membaca alqur'an.  3. Membiasakan membaca al-Qur'an dari kecil. 4. Memberi kesempatan berkembang dan tampil ikut MTQ, dimana pada Ramadhan ini yang paling dominan adalah MTQ tingkat remaja.

Bila setiap Ramadhan kita tidak menggelar acara MTQ, masyarakat akan merasa sedih dan lengang rasanya kampung ini, sunyi tanpa semarak, kurang syiar jadinya. Karena MTQ ini sudah menjadi tradisi sejak dulunya di sini kata Nofrizal.

3 tahun yang lalu di sini pernah pula diangkat acara MTQ tingkat Lansia dan tahun depan rencananya kami akan menggelar MTQ Hafizd Maqrak, yaitu para Qari/Qari'ah mesti menghafal maqrak-maqrak yang disedian. Isnyaallah kami akan menyediakan 4 maqrak tukuk Nofrizal.

Dari pantauan CMC, ratusan orang hadir memenuhi ruangan mushalla menyemarakkan acara, nampak di lokasi acara kepala Jorong Labuang Tasman Dianto (Katik Itaih), Ketua Pengurus mushalla H. Akmal Rajo Bilang, Angku ampek Kampuang Sabaleh, Angku Ampek Kaco Wali, pengurus masjid Nurul Yaqin Labuang, niniak-mamak, jama'ah mushalla, masyarakat Labuang dan para undangan. 

Pukul 01.30 Wib. dini hari ustazd Supardi dari Koto Baru Salo kecamatan Baso mengumumkan Qari/Qari'ah terbaik. Juara 1. adalah Deri utusan dari Masjid Al-Khaira Kayu Baganti jorong III Kampuang juara 2. Deni Suhendra utusan dari Masjid Nurul Yaqin jorong Labuang. Juara 3. Silvi Ramadhani utusan dari Masjid Jamik Sidang Sabuah Balai jorong  Lubuak Aua. Juara 4. Tari Ayu Hari utusan dari Mushalla Ganggo jorong Bingkudu. Juara 5. Delfi Ramadhani utusan dari Masjid Jamik Sidang Sabuah Balai jorong Lubuak Aua. Dan juara 6. Yuli utusan dari Surau Tarandam jorong XII Kampuang.

Juara 1 mendapat hadiah satu unit Kompor Gas ditambah tropi, juara 2 pemasak nasi listrik ditambah tropi, juara 3 Dispenser ditambah tropi. juara 4-6 mendapat tropi dan bingkisan. 
Total biaya untuk acara ini adalah 5 juta rupiah. Kami mengucapkan terimakasih banyak kepada semua pihak yang telah ikut berpartisipasi membantu hingga terlaksananya acara ini, terlebih-lebih donatur yang di kampung maupun yang berada di perantauan. Semoga kebaikannya dinilai pahala dan diterima oleh Allah Swt. Dan hendaknya tahun depan lebih meningkat lagi dari tahun sekarang kata kepala jorong Labuang Tasman Dianto (Katik Itaih).*(Fitra yadi/cmc)
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Hutri | CMC
Copyright © 2011. CMC - All Rights Reserved
Template Created by Hutri Published by CMC
Proudly powered by CMC